Google Mulai Anggap Bing Sebagai Ancaman Serius

Author: Bobby vaizZ // Category: , ,


Neonnews
- Melejitnya popularitas Bing, mesin pencari Web besutan Microsoft di Internet, membuat Google langsung berbenah diri. ‘Senior’ di kancah mesin pencari web asal Mountain View, California itu pun baru-baru ini menghadirkan sejumlah fungsi baru.



Dalam blog resminya, teknisi piranti lunak Google, Lingyun Liu mengatakan, saat ini Google menyuguhkan gambar (thumbnail) pada map maupun pencarian link suatu lokasi dalam layanan Google Search.

Dengan mengklik gambar tersebut, pengguna akan diantarkan ke Google Maps di mana mereka dapat menjelajahi lokasi tersebut dan sekitarnya dengan dibantu aplikasi geo-tagging. Dengan aplikasi geo-tagging, pengguna dapat melakukan proses identifikasi lokasi, dengan menambahkan konteks informasi metadata pada lokasi geografis tertentu.

“Mengetahui lokasi geografis dari suatu tempat adalah fitur yang kami unggulkan di sini,” kata Liu dalam tulisannya. “Pengguna akan lebih bisa membayangkan sekaligus merasakan bagaimana rasanya berada di lokasi tersebut. Tak ada yang lebih baik selain melihat gambar atau foto dari lokasi yang kita cari-cari,” ucapnya.

Selain itu, Google juga memungkinkan pengguna melakukan filterisasi dalam pencarian gambar lokasi. Untuk itu, Google mengadopsi lisensi Creative Commons. Tak cukup di situ, Google juga memperkaya tool untuk Product Search, terutama bagi pengguna ponsel. Sayangnya, tool tersebut baru bisa tersambung di beberapa negara saja, seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Korea Selatan.

“Tak peduli ponsel apa yang digunakan, masukkan saja kata produk pada Google.com, dan pilihlah link Shopping results...,” kata Eiji Hirai, teknisi piranti lunak, dalam blog Google Mobile. “Anda juga bisa mem-bookmark layanan pencarian produk dengan alamat www.google.com/m/products,” ucapnya.

Rival Google Search, Microsoft Bing kini tengah gencar mencuri perhatian pengguna Internet sejak diluncurkan. Namun demikian, menurut Net Applications, Google masih jauh menguasai pangsa pasar dan relatif sulit "ditumbangkan".

Di dunia, saat ini, Google menguasai sekitar 81 persen pangsa pasar mesin pencari berbasis Web. Setelah menyalip Yahoo, kini Bing menyusul di nomor dua dengan 5,3 persen.

1 Response to "Google Mulai Anggap Bing Sebagai Ancaman Serius"

kspemon Says :
July 26, 2009 at 2:11 AM

betul nih, saat ini google emang merajai
met kenal juga

Post a Comment